Headlines News :
Home » , , » Pasar Hewan Tamiang Diserbu Pedagang dari Luar

Pasar Hewan Tamiang Diserbu Pedagang dari Luar

Written By Suara Tamiang on Kamis, 15 Maret 2012 | 21.35

Dua minggu setelah dibuka, pasar hewan Aceh Tamiang di Desa Ie Bintah, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang dipadati sejumlah pedagang lembu luar daerah untuk memasarkan ternak.

Kadis Pertanian dan Peternakan Aceh Tamiang, Muhammad Yunus mengatakan, transaksi perdagangan ternak di pasar hewan Aceh Tamiang diluar perkiraan. Katanya, pada minggu pertama jumlah pedagang luar daerah sebanyak 34 orang dengan jumlah lembu sebanyak 140 ekor, kambing 21 ekor. Sementara lembu yang laku sebanyak 17 ekor, dan 16 ekor kambing.

Sedangkan minggu kedua, terjadi peningkatan diluar dugaan, jumlah pedagang luar daerah yang memasarkan lembunya mencapai 50 muge (agen) dengan jumlah lembu 160 ekor, kambing 30 ekor. Hewan yang terjual pada minggu kedua ini naik mencapai tiga kali lipat. Lembu yang terjual 50 ekor, kambing 17 ekor dan domba tiga ekor.  Harga jual lembu berkisar antara Rp 5-7 juta/ekor. “Pedagang berasal dari Idi, Panton, Bireun ditambah pedagang lokal,” ujar Yunus.

Perdagangan hewan di pasar hewan Aceh Tamiang gratis tidak dipungut biaya apapun termasuk restribusi hewan. Cepatnya berkembang pasar hewan Aceh Tamiang, sebut Yunus karena lokasinya yang strategis.

Pihaknya juga menerima masukan positif dari para muge untuk kebaikan, termasuk untuk pemenuhan fasilitas di pasar tersebut.

Sumber : M. Nasir | Serambi Indonesia
Foto : Ilustrasi | Google

Share this article :
 
Support : Jasa Design Blogger Template | Free Template
Copyright © 2011. Suara Tamiang - All Rights Reserved