Headlines News :
Home » , » Aceh Juara Piala Danone, Wakili Indonesia ke Polandia

Aceh Juara Piala Danone, Wakili Indonesia ke Polandia

Written By Sayed Mahdi on Senin, 18 Juni 2012 | 10.40

Wakil Aceh, SSB Putra Muara Cunda, Lhokseumawe tampil  sebagai juara Piala Danone Indonesia 2012. Kepastian itu diperoleh setelah di partai final, Minggu (17/6) petang, Putra Muara Cunda sukses menguburkan ambisi skuad SSB Mabar Putra Asahan, Sumatera Utara (Sumut), lewat drama adu penalti, 3-1 (0-0), di Stadion Soemantri Bojonegoro, Jakarta Timur.

Dengan keberhasilan itu, SSB Putra Muara Cunda dipastikan mewakili Indonesia ke ajang World Final Danone Nation Cup 2012 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, 6-9 September mendatang. Mereka akan bersaing dengan 40 klub dari sejumlah negara untuk memperebutkan piala kejuaraan tersebut.

Bagi Putra Muara, keberhasilan itu merupakan prestasi tertinggi yang pernah mereka raih. Karena, pemain belia tersebut berhasil melewati rekor dari SSB Putra Banna, Bireuen, tahun 2011. Ya, di perlagaan final tahun lalu, Putra Banna Bireuen dipaksa menyerah 0-1 menghadapi wakil Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tampilnya Muhammad Reza dkk sebagai juara di tingkat nasional itu, setidaknya membungkam kritikan tajam dari pengurus SSB yang berada di Aceh. Karena, usai memastikan gelar juara tingkat Aceh, pemain Putra Muara Cunda disinyalir melakukan pemalsuan umur. Namun dalam pemeriksaan ulang di Jakarta, ternyata pemain mereka tidak terlibat dalam aksi tak terpuji itu.

Dalam duel final itu, Putra Muara Cunda dan Mabar Putra harus bermain imbang 0-0. Adu sepak ’12 pas’ terpaksa dilakukan karena kedua tim bermain draw tanpa gol. Tiga pemain Putra Muara Cunda, M Ilham, Rian Rivaldi, Babul Huda sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna. Sementara dari Mabar Putra, hanya Ridho yang dapat memaksimalkan kesempatan 12 pas, sementara dua pemain lainnya gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Guna mempersiapkan tim yang solid, sebelum berangkat ke negara Eropa Timur itu, anak-anak Cunda akan dilatih oleh pelatih asal Jerman, Timo Scheunemann. Seperti diketahui, Timo saat ini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI Pusat. Timo lebih dulu memberikan dua kali masa training camp di daerah tim juara, serta terakhir di Malang, Jawa Timur.

Perjuangan anak-anak Lhokseumawe langsung diperlihatkan di babak penyisihan. SSB Putra Muara Cunda keluar sebagai juara grup setelah membungkam lawan-lawannya. Di laga pertama, Sabtu (16/6) pagi mereka tanpa ampun menggelontorkan Kalimantan Selatan, 5-0. Babul Huda sukses mencetak quatrick (empat gol) dan ditutup aksi Muhammad Reza.

Pada Sabtu (16/6) sore, Putra Muara melanjutkan keberhasilannya setelah mengatasi perlawanan SSB Panasonic Sulawesi Selatan (Sulses), 1-0. Tunggal semata wayang Lhokseumawe dicetak Raja Maulana. Nilam enam di penyisihan membuat mereka sebagai juara grup.

Di babak delapan besar yang berlangsung Minggu (17/6) pagi, wakil Aceh itu kembali menghentak ketika berhasil melibas Jawa Timur, 2-0. Di semifinal yang dipentaskan Minggu (17/6) siang, anak-anak Aceh kembali berjumpa SSB Panasonic Sulsel. Gol tunggal Muhammad Reza pada menit 19 membawa Aceh ke final. Sementara di final yang berlangsung Minggu (17/6) sore, skuad Putra Muara Cunda sukses menguburkan ambisi skuad SSB Mabar Putra Asahan, Sumatera Utara (Sumut), 3-1 (0-0) melalui adu penalti. | Serambinews, Foto : Kompas

Share this article :
 
Support : Jasa Design Blogger Template | Free Template
Copyright © 2011. Suara Tamiang - All Rights Reserved