Headlines News :
Home » , , , , » Dinsosnakertrans Aceh Buat Program Kampung Siaga Bencana

Dinsosnakertrans Aceh Buat Program Kampung Siaga Bencana

Written By Rico Fahlevi on Selasa, 16 Oktober 2012 | 18.12


suara-tamiang.com: 

Kementeriaan Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh yang bekerja sama dengan Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Aceh melaksanakan kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kampung Tenggulun Kecamatan Tenggulun Kabupaten  Aceh Tamiang selama Tiga Hari dari Tanggal 15-17 Oktober 2012.

Kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) akan diikuti oleh  60 orang Tim KSB yang dipilih dan sudah melalui proses seleksi yang  akan ditempatkan sesuai bidang-bidang  yang sesuai dengan kemampuan masing-masing Personal Tim KSB. Tim KSB yang 60 orang tersebut berasal dari lima Desa yang ada di kecamatan Tenggulun, mereka akan dilatih  selama 3  hari oleh Pelatih yang terdiri Pelatih dari Tagana Pusat, Tagana Provinsi Aceh, Tagana Kabupaten Aceh Tamiang dan Tagana yang berasal dari  beberapa dari kabupaten lain seperti Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Utara.

Materi yang akan dilatih dari berbagai bidang diantaranya materi  pelayanan dapur umum, materi bidang pemasangan Tenda (silter), evakuasi korban, komunikasi, pislo sosial dan Materi tentang Manajemen bencana. Dalam kesempatan itu sekaligus dilakukan simulasi atau gladi lapang penanggulangan bencana yang melibatkan warga masyarakat desa setempat.

Turut Hadir Basyaruddin, SH Kepala Dinas Sosial, Ketenagaan kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang, Drh. Muhammad Nasir Mahmud Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Drs. Burhanudin. MM kabid bantuan dan jaminan sosial  Dinas Sosial Provinsi Aceh, Tim dari kementeriaan Sosial yang Terdiri dari Tiga Orang, Tagana Pusat, Tagana Provinsi Aceh, dan  Tagana Kabupaten Aceh Tamiang 

Basyaruddin SH  sangat mengapresiasi adanya program kampung siaga bencana di Kabupaten Aceh Tamiang yang terletak di dusun Suka Mulia Kampung Tenggulun yang rawan atau sering terjadi bencana seperti bencana banjir.


“Pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana sangatlah penting, mulai dari tahap kesiapsiagaan (Pra Bencana), tanggap darurat dan pasca bencana, masyarakat harus siap dan terdepan dalam kegiatan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Drh. Muhamad Nasir Mahmud Kepala Dinas Sosial Aceh sangat mengharapkan warga masyarakat desa Tenggulun  dapat berperan aktif dalam menjaga dan menjalankan fungsi Kampung Siaga Bencana ini, tidak hanya pengurusnya saja, sehingga apabila terjadi bencana dapat diantisipasi dan diminimalisir jatuhnya korban, baik korban jiwa maupun harta benda.

Dibutuhkan komunikasi dan koordinasi yang baik antara aparat desa, keamanan, pengurus KSB dan warga masyarakat, sehingga kalau benar-benar terjadi masing-masing pihak sudah tahu tugas dan tanggung jawabnya, tidak perlu lagi harus masyarakat diopyak-opyak untuk mengungsi bahkan sampai harus dipaksa," kata Nasir Mahmud.

lebih jauh ia mengatakan, peristiwa banjir yang terjadi hendaknya menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua. Namun bukan berarti kita tidak boleh menggunakan, tapi juga harus dapat menerima apa yang dikatakan aparat yang bertugas di bidang bencana yang didukung peralatan canggih. 

Di dalam Kampung Siaga bencana ada fasilitas pendukung yaitu lumbung sosial dan gardu sosial. Lumbung sosial berfungsi untuk menampung dan menyimpan logistik untuk kesiap siagaan terjadinya bencana. Sementara Gardu sosial berfungsi untuk penyelenggarakan pertemuan, ataupun forum komunikasi antara warga masyarakat, berkaitan dengan kesiap siagaan bencana. Kedua fasilitas ini dikelola oleh masyarakat, pemerintah hanya memberikan fasilitas,” ungkapnya.  | M. Hendra  | Foto, M. Hendra 

Share this article :
 
Support : Komunitas Tamiang Cyber (KOMTER) | Akta Notaris No. 08 Tanggal 23 November 2013 Sekretariat : Jl. Ir. H. Juanda No. 180 Dsn. Rukun Kec. Karang Baru - Aceh Tamiang
Copyright © 2011. Suara Tamiang - All Rights Reserved