Headlines News :
Home » , » Tips Miliki Jas Sempurna untuk Penampilan 'Maut'

Tips Miliki Jas Sempurna untuk Penampilan 'Maut'

Written By Ucok Keling on Rabu, 13 Februari 2013 | 15.20


suara-tamiang.com: Langkah berikut sangat jelas, yakni memastikan anda tahu persis ukuran tubuh, bukan sekedar ukuran umum di mana Anda masuk dalam kategori itu.

Malah, Anda harus selalu mengecek kembali ukuran tubuh setiap tahun. Meski Anda telah membeli satu setel jas sebelumnya, jangan bertanya ukuran yang sama ke pramuniaga sebagai kebiasaan. Ada kemungkinan berat badan bertambah, atau karena bertambah tua dan efek gravitasi, maka begitu pula ukuran jas Anda akan berubah.

Ukuran jaket jas ditentukan dengan mengukur bagian tertebal di dada anda.

1. Mulailah mengukur tepat di bawah kedua pangkal lengan dan melintasi dada, lalu panjang bahu. Santailah saat mengukur jangan tegang dan meregangkan tubuh. Pastikan meteran pengukur baju dalam posisi paralel dengan lantai ketika anda mengukur. Cara ini membantu memastikan anda mengukur bagian paling tebal di area dada.

2. Ukuran celana ditentukan oleh ukuran pinggang dan garis sabuk. Dalam sebagian besar kasus, garis sabuk berada tepat di atas tulang panggul Anda. 
Kini ketika anda sudah memiliki semua ukuran tubuh waktunya menuju ke tahap berikut.

Membeli Jas


Bila anda tak biasa membeli jas, cara terbaik untuk memulai adalah mencarinya di departement store. Di sana anda bisa mendapatkan berbagai merek dan pilihan sangat beragam. Lihatlah variasi gaya dan tipe jas yang mereka miliki. Periksa seksama jas yang menarik perhatian anda. Tanya kepada penjual ketika anda terlihat oke dan siap membeli.

Begitu anda melihat sesuatu yang anda sukai, ambil dan bawa ke kamar pas.

Memastikan Sesuai Ukuran

  • Bagian bahu dari jaket sangat krusial untuk ukuran yang bagus. Cek bagian ini untuk menentukan apakah jas yang tepat telah dipilih (Bila anda berdiri tepat di samping dinding dan bagian bahu jas menyentuh dinding sebelum lengan Anda, maka jas itu terlalu besar).
  • Hanya sedikit pria yang membeli kerah jas yang menutupi kerah kemeja. Lihat atau minta tolong teman, atau pasangan bila sedang berbelanja untuk memastikan kerah kemeja Anda terlihat sedikit di luar jas. Jaket jas semestinya memeluk kerah kemeja, atau kerah kemeja terlihat sedikit di atas kerah jas. Bila kemeja tersembunyi, maka ada ada kelebihan kain, coba jaket yang lain (penjahit juga bisa memperbaiki ini).
  • Jaket tak semestinya terlalu panjang, sebagai contoh, tidak setengah paha atas anda
  • Ukuran yang disarankan, jaket Anda harus cukup panjang untuk menutupi kancing dan bagian atas celana. Namun bila anda memiliki kaki panjang, Anda mungkin ingin menggunakan jaket jas lebih panjang lagi untuk menghadirkan keseimbangan. Bila kaki Anda pendek, jelas jaket tepat di atas resleting celana adalah pilihan yang pas untuk memberi ilusi kaki lebih panjang.
  • Lengan harus berakhir tepat di ujung pergelangan tangan, tapi masih memberi ruang sekitar satu centimeter untuk memperlihatkan ujung lengan kemeja.
  • Anda harus bisa mengancingkan dengan mudah jaket Anda tanpa menarik-narik, tetapi juga jangan terlalu banyak ruang antara kancing dan dada anda. Tidak lebih dari sekepal tangan.
  • Putar dan lihat bagian samping untuk mengetahui bagaimana jatuhnya celana. Bagian kaki harus lurus dan memusat di tengah dengan rata di setiap kaki.
  • Celana harus lebih pas terutama di bagian panggul seperti halnya celana jins, bukan pada bagian pusar.
  • Anda tak seharusnya mengenakan sabuk (Anda tak membutuhkan satupun) dan anda tidak semestinya membutuhkan penggantung untuk memastikan celana anda tidak melorot. Celana harus tepat menggantung di pinggang anda dan bertahan di sana.
  • Bila pinggang anda berukuran sembilan inchi lebih kecil daripada ukuran jaket jas, maka anda perlu jas yang dibuat sendiri atau jas semi-dibuat.
  • Berhati-hatilah dengan orang atau pramuniaga yang berkata, "Oh anda harus lebih nyaman menggunakan jas," atau "Jas dengan ukuran ini akan bertahan dengan anda seumur hidup, karena anda akan tumbuh untuk sesuai dengan ukurannya," TIDAK.
Sangat disarankan anda membawa seseorang yang bisa anda percaya (yang blak-blakan dan jujur) untuk mengungkapkan bila ada sesuatu yang terlihat mengerikan pada penampilan anda sewaktu mencoba jas.
Langkah Terakhir Pergi ke Ahlinya
Penjahit bisa menjadi teman terbaik anda. Penjahit yang baik akan membuat sedikit gubahan yang berbeda dari gaya sehari-hari justru untuk membuat penampilan Anda kian istimewa.

Setelah mendapatkan jas yang sesuai anda mungkin ingin membawanya ke tukang jahit untuk mendapatkan hasil akhir. Anda akan bisa mengenakankan jas itu untuk acara apa pun bila cocok dan pas di badan anda dengan baik karena jas itu bisa anda pakai bersama dengan celana jins misal.

Bila anda memiliki jas dari orang tua yang hanya berukuran satu inchi lebih besar atau lebih ketat, penjahit biasanya masih mampu mengatasinya. Namun jangan yang sampai lebih dari satu inchi lebih besar atau lebih kecil karena akan tetap jelek meski sudah dipermak.

Penjahit biasanya perlu memperbaiki panjang tangan, pastikan Anda ingin lengan kemeja terlihat satu sentimeter di luar ujung lengan jas. Cek juga bagian kerah. Penjahit yang baik pasti bisa membetulkan hal-hal tadi.

Mereka juga bisa membuat celana sedikit lebih pas atau memperpendek panjangnya.

Setelah dipermak, jangan lupa untuk mencobanya lagi sebelum meninggalkan penjahit. Jas anda semestinya cocok dengan baik, tapi tidak seperti jaket lurus yang kaku. Coba untuk melambaikan tangan dan lihatlah apakah jaket jas nyaman saat terangkat dari tangan anda. Sumber : Republika.com

Share this article :
 
Support : Jasa Design Blogger Template | Free Template
Copyright © 2011. Suara Tamiang - All Rights Reserved